Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Ketika di Bulan Puasa

Meskipun berpuasa diyakini memiliki berbagai macam manfaat kesehatan, namun masih banyak orang yang khawatir tentang konsekuensi yang mungkin dapat terjadi. Beberapa ahli medis mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang dampak berpuasa terhadap kesehatan.

Zibdeh, yang merupakan ahli diet dan ahli gizi dengan pengalaman selama 7 tahun, telah menemukan cara untuk mengintegrasikan berpuasa Ramadhan dengan praktek yang dilakukannya agar bermanfaat bagi pasiennya.

“Setelah lebih dari 10 jam berpuasa, tubuh akan menggunakan jaringan lemak untuk diubah menjadi energi. Sehingga, hal ini sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan,” kata Zibdeh, seperti yang kami kutip dari situs ThinkProgress.

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Ketika di Bulan Puasa

Zibdeh, yang berbasis di Virginia Utara, menyarankan kepada para pasiennya–yang sering mengeluh tentang berat badan, nyeri otot dan sendi, diare dan sembelit, serta penyakit lainnya–untuk tidak makan terlalu berlebihan saat berbuka puasa dan tetap melakukan diet sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Meskipun telah banyak yang menulis tentang manfaat puasa bagi kesehatan, tentu rasa khawatir tersebut masih ada, bukan?

Berikut beberapa masalah kesehatan yang sering dialami selama berpuasa dan bagaimana cara untuk mencegahnya yang telah didiskusikan dengan para ahli medis dan para ulama.

1. Puasa dan konstipasi (susah BAB)

2. Puasa dan sakit kepala

3. Puasa dan sakit maag

Maag

4. Puasa dan dehidrasi

Dehidrasi

5. Puasa dan stres

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Ketika di Bulan Puasa

6. Puasa dan mengontrol berat badan

berat badan

Banyak ahli gizi yang mengatakan bahwa berpuasa adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan, sedangkan beberapa ahli kesehatan mempercayai bahwa diet tersebut sangat tidak efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Selain itu, mengkonsumsi makanan selama sahur dan berbuka puasa dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan karena para ahli kesehatan percaya bahwa orang-orang yang berpuasa cenderung mengabaikan rekomendasi makan yang sehat, seperti mengkonsumsi lima porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Juga, Anda mungkin akan cenderung makan lebih banyak dari porsi biasanya, dengan makanan yang lebih bervariasi pula.

“Mungkin dengan berpuasa terlihat dapat lebih cepat untuk menurunkan berat badan, tetapi hal ini hanya cepat dalam menghilangkan cairan tubuh, yaitu salah satu substansi penurun berat badan,” kata Medelyn Fernstrom, PhD, dari University of Pittsburgh Medical Center’s Weight Loss Management Center. “Apabila berat badan Anda turun dengan cepat, maka ia dapat segera kembali dengan cepat pula ketika Anda memulai makan dengan normal lagi,” lanjutnya.

Namun, apabila Anda berpuasa dengan disiplin dan mengikuti semua rekomendasi tentang makanan sehat yang dianjurkan, hal ini akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

7. Puasa dan pengendalian diabetes yang buruk

Diabetes

Meskipun berpuasa dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan, para ahli gizi mengatakan bahwa berpuasa dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi mereka yang lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan diet yang diinginkan dan mematuhi semua aturan tentang hal tersebut sebelum memulainya.

Sumber : Kaskus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *